Nasyid Islami Indonesia

Nasyid Islami

Banyak sekali genre musik di dunia, salah satunya nasyid islami. Berbeda dengan jenis musik lain yang rata-rata bertema cinta sesama manusia, nasyid islami memiliki tema seputar ajaran agama. Jika pun tentang cinta, tema tersebut diangkat ke level yang lebih luas

Perkembangan nasyid islami dimulai pada 1980-an. Kemudian terus berkembang dan melahirkan banyak tim nasyid. Awal tahun 2000 merupakan masa keemasannya di mana konser nasyid digelar di berbagai daerah, dihadiri banyak pengunjung, dan diisi oleh munsyid (pelantun nasyid) dari dalam dan luar negeri. Sekolah dan perguruan tinggi disemarakkan oleh nasyid islami, mendampingi jenis musik pop dan rock di tiap acara pentas seni.

Tema umum nasyid islami adalah ajakan untuk menjaga tauhid atau penghambaan diri kepada Allah Swt. Rukun iman dan rukun Islam menjadi tema sentral yang dieksplorasi seluas mungkin. Ungkapan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya didefinisikan sebagai, misalnya, bersyukur dan bersabar dalam menghadapi cobaan, pasrah dan tawakal dalam berusaha, dan menjaga kehormatan sesama muslim.

Dengan mendengarkan nasyid islami bertema di atas, insya Allah kadar keimanannya akan bertambah. Ajakan dan pengingatan kepada keimanan dan ketakwaan meresap ke sanubari sehingga dorongan untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya semakin kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *